Friday, March 1, 2013

Jenis dan bahan cutting sticker

Secara garis besar ada 2 jenis bahan sticker cutting yang biasa di jadikan pilihan yaitu scothcal dan scothlite, perbedaan dari kedua bahan tersebut adalah:
Scothcal adalah jenis stiker yang tidak dapat memantulkan cahaya ketika dalam keadaan gelap atau malam hari
Scothlite adalah jenis sticker yang mengandung gliter pada permukaan-nya dan fungsi gliter tersebut sebagai pemantul cahaya ketika tertembak sinar dari arah samping dalam keadaan gelap atau diwaktu malam.


Masih ada jenis sticker lain sperti untuk pemasangan pada gedung kantor maupun kaca-kaca perkantoran seperti sandblast, kaca film, sticker carbon dll.

Bahan sticker terdapat 2 jenis bagian yaitu : lapisan paling bawah disebut release paper / backing paper dan lapisan atas disebut sticker.
Bahan yang sering dipergunakan dan yang tersedia dipasaran adalah :

  • Vinyl, Spoilerfor Oracal 
  1. a. seri 651 : tersedia glossy, matt / doff (recomended
  2. b. seri 8300 : transparant (biasanya untuk keperluan pencahayaan seperti neon box, atau menutup kap lampu otomotif)
  3. c. seri 8500 / 8800 : translucent (semi doff) , untuk keperluan pencahayaan (neonbox dan advertising) dan tingkat kelenturan diatas 8300 
  4. d. seri 551 : vinyl juga tapi harga diatas seri 651 merk vinyl lainnya:avery, ritrama, 3m (scothcal) , mactac (maccal), dcfix, aslan, china (rexcall, dll)
  • Scothlite (reflective) : hanya merk 3M dan Kiwalite yg tersedia lebar 120 cm berurutan dari kualitasnya : 3m, kiwalite, china (transign, seicholite, ablaze, rexlite, RS, dll)
  • Sandblast : merk yg sering digunakan adalah : TAKI (120 cm & 150 cm), Hyundai, Kolon, SKJ, 3M dll

No comments:

Post a Comment